TENTANG KAMI

Sekolah Juara

TENTANG KAMI

Sekolah Juara

KURIKULUM

KURIKULUM

Untuk mencetak generasi cerdas, mandiri, dan kompetitif, Sekolah Juara perlu menumbuhkan kompetensi pada siswa-siswanya baik dalam sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Sekolah Juara fokus pada tiga hal yang dikembangkan yaitu Akademik, Al-Qur’an, dan Akhlak. Akademik dibutuhkan karena di masa depan permasalahan yang mereka hadapi akan semakin sulit. Jadi sekolah harus mendorong siswa-siswanya untuk belajar dengan baik materi akademik. Sedangkan Al-Qur’an merupakan kunci awal para Ulama terdahulu dapat menguasai berbagai bidang ilmu. Hal ini disebabkan diantara keberkahan Al-Quran, Allah SWT memberi kecerdasan otak kepada para penghafal dan pembacanya. Dan fokus terakhir adalah akhlak yang merupakan anugerah terbaik bagi seorang manusia. Di dalam akhlak akan terpancar pesona mukmin. Maka fokus Indonesia Juara adalah menjadikan seseorang yang nantinya memancarkan keindahan Islam, menebarkan buah manisnya Islam ke segenap penjuru dunia.

Akademik, Al-Qur’an, dan Akhlak akan menjadi Kurikulum khas Sekolah Juara. Dalam akademik, Sekolah Juara bersandar pada Kurikulum Dinas dengan strategi pembelajaran menggunakan Multiple Intelligent. Untuk Al-Qur’an, Sekolah Juara telah mengembangkan Metode Inti TTQ (Tilawah Tahfidz Qur’an) Juara. Dan untuk Akhlak, Sekolah Juara telah membuat Core Value JUARA (Jujur, Ulet, Aktif, Religius, Amanah) sebagai bentuk pendidikan karakter khas yang akan menjadi ruh dalam segala bentuk kegiatan di sekolah. Sehingga JUARA selain menjadi batang yang ditumbuhkan, juga menjadi akar yang menjadi sumber kekuatan dalam menumbuh kembangkan siswa-siswa juara. Harapannya siswa-siswa Sekolah Juara dikenal dengan value JUARA dan siap menjadi juara.

Indonesia Juara yang menganut filosofi bahwa setiap anak adalah juara membuat usaha dengan arahan core value ‘JUARA’. Core value ini merupakan nilai-nilai yang menjadi dasar budaya mendidik di Sekolah Juara sebagai pelopor sekolah “Humanis” yang memberikan iklim kondusif demi lahirnya para Juara sesuai dengan potensi anak. Usaha penanaman core value ‘Juara’ ini dilakukan dalam setiap tahapan input-proses-output. Core Value JUARA terdiri dari Jujur, Ulet, Amanah, Religius, Aktif. Jujur berani mengakui kesalahan dan ringan meminta maaf, Ulet bersungguh-sungguh dalam menuntut dan mengamalkan ilmu pengetahuan), Amanah (Bertanggungjawab dalam menuntaskan kewajiban sebagai generasi terbaik penerus bangsa). Religius (Beribadah karena ketaatan dan belajar mengukur setiap sikap dan perbuatannya berdasarkan nilai-nilai agama), dan Aktif (menjadi pribadi yang solutif lewat pola pikir kritis, inovatif, dan inisiatif).