Beberapa hari ini Surabaya sering dilanda hujan. Cuaca hujan membuat udara dingin, sejuk. Diperlukan minuman ataupun makanan yang dapat menghangatkan badan.Selain menggunakan jaket atau swether saat suhu dingin, makanan dan minuman mampu membuat badan menjadi hangat. Menjadi luar biasa jika minuman itu dibuat oleh anak kelas 3 SD. Kebiasan anak SD yang hanya suka main-main. Sejak musim pandemi setiap orang harus menjaga kondisi tubahnya agar tetap sehat. Makanan sehat tidak harus mahal, begitu juga minuman yang sehat pun tidak harus mahal.
Anak-anak SD Juara Surabaya,Kamis, 12 Januari 2021 mendapatkan tugas life skill untuk membuat minuman penangkal korona. Minuman wedang jahe. Mereka membuat minuman dengan di damping orang tua. Orang tua hanya mengawasi dan memantau saja. Anak – anak mempersiapkan bahan –bahan mulai dari jahe, sereh dan gula batu atau pakai madu. Mereka pun membersihkan kulit jahe sendiri, memotong sereh sendiri bahkan ada yang memasak bahan-bahan sendiri. Mereka memiliki pengalaman bagaimana cara membersihkan jahe, yang seharusnya di cuci terlebih dahulu sampai bersih baru di bersihkan kulitnya, begitu juga cara membersihkan sereh. Jahe dan sereh memiliki manfaaat yang luar biasa bagi tubuh kita.
Proses pembuatan cukup mudah dan anak-anak sangat menikmati pengalaman baru yang ternyata sangat menyenangkan. Anak-anak juga sangat semangat dalam membuat minuman wedang jahe sendiri tersebut. Alhamdulillah ternyata asik dan mudah ya…lain kali bikin lagi ah.” Kata Tiara”. Anak-anak pun dapat menikmati minuman penangkal korona bersama orang tua mereka. Selain dapat pengalaman baru,mereka juga diajarkan berbagi dengan keluarga. Keluarga sehat keluarga bahagia.

(Siti Muholifah)