Surabaya (20/1) Kreatif merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki para siswa di Indonesia. Salah satu aktivitas kreatif yang dilakukan oleh siswa kelas 2 SD Juara Surabaya yakni menghias vas bunga atau barang bekas lainnya dengan menggunakan bahan alam. Di awal, siswa menentukan benda yang akan dihias serta memilih biji-bijian digunakan sebagai bahan untuk menghias. Siswa bisa menggunakan botol bekas baik kaca maupun plastik, kaleng bekas, dan kardus bekas yang ada di rumah masing-masing dan akan dihias dengan aneka mavcam biji-bijian.

Pembelajaran ini dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Januari 2021 dan hasil karyanya kemudian didokumentasikan serta dikirim ke guru di hari berikutnya Jumat, 22 Januari 2021. Kegiatan ini bertujuan selain untuk menciptakan ketertarikan siswa dalam belajar juga bertujuan untuk mengenalkan siswa pada karya tiga dimensi pada pembelajaran Tematik mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dalam tema 5 subtema 2.

Aktivitas yang dilakukan oleh siswa kelas rendah masih sangat membutuhkan pendampingan orangtua. Oleh karena itu, perlu adanya diskusi untuk menentukan bahan yang akan dibuat berkreasi. Hal tersebut juga menerapkan perilaku dalam pengamalan sila keempat Pancasila yang juga dipelajari di kelas 2. Namun, sebisa mungkin orang tua diharapkan mampu melatih kemandirian ananda saat proses pengerjaan karya.

(Furri Kurnia Aditam)
#BelajarDariRumah
#Semester2
#SDJuaraSurabaya
#IJF