Surabaya (21/01) Pembelajaran bermakna merupakan suatu proses mengaitkan informasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Struktur kognitif meliputi fakta-fakta, konsep-konsep, dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat siswa. Penerapan pembelajaran bermakna pun bisa dilakukan secara daring.

Pada pembelajaran bahasa Inggris, siswa kelas 2 SD Juara Surabaya menggunakan aplikasi Google Earth untuk mengeksplorasi tempat-tempat bersejarah dan juga negara yang ingin mereka kunjungi. Mereka menyebutkan beberapa negara diantaranya Saudi Arabia, Malaysia, Belanda, Spanyol, Jepang, Korea, Thailand, dan Amerika.

Penanaman konsep “Apa Manfaat Bagiku” (AMBAK) pada Quantum Teaching juga berusaha dimasukkan pada setiap kali pembelajaran bahasa Inggris dalam Zoom. Apa manfaat belajar bahasa Inggris dan Mengapa kita harus rajin menambah kosakata tiga bahasa, berusaha ditanamkan kepada para siswa.

“Ternyata banyak tempat di bumi yang bagus-bagus”, ujar Ian berkomentar. Ketika salah satu siswa ditanya tentang tempat yang paling ingin dikunjungi kelak, Qonita menjawab, “Saya paling suka terbang ke Mekkah untuk mengunjungi Kakbah”.

Seseorang akan termotivasi dan bersemangat melakukan sesuatu hal ketika mengetahui apa manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan ke ketika melakukannya. AMBAK bagaikan additional power. Bagaimana tidak, ia mampu memberikan tenaga lebih yang mampu mendorong semangat kepada kita untuk melalukan suatu aktivitas atau pekerjaan.
(Furri Kurnia Aditama)