Pekanbaru, SMP Juara Pekanbaru mengikuti kegiatan Penguatan Asesmen dan Pembelajaran AKM untuk Guru Swasta se Pekanbaru. Kegiatan bertujuan untuk memberikan pencerahan tentang Pelaksanaan AKM kedepannya di tahun 2021 nantinya.

kegiatan dilaksanakan di Sekretariat MGMP yaitu di Al azhar Syifa Budi. kegiatan dibagi menjadi 3 sesi dan dilaksanakan selama 2 hari secara bergantian. sesi pertama membahas tentang Aspek Numerasi, Aspek Literasi dan Aspek Karakter. pada sesi pertama dilaksanakan pada jum’at, mulai pukul 07.30 – 12.00 WIB. kegiatan diisi oleh pak dedi hadiyana, dari kementrian pendidikan dan kebudayaan. bekerja di Peneliti Pusat Assesmen dan pembelajaran.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

diharapkan dari penguatan ini, akan bisa mempersiapkan lebih baik dalam pelaksanaan AKM nantinya yang akan dilaksanakan pada bulan maret 2021. dan siswa bisa lebih siap mengikuti pelaksanaan AKM.