Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya menjadi anak yang shalih dan shalihah. Salah satu yang wajib diajarakan kepada anak adalah segala hal tentang Al-Qur’an, karena Al-Qur’an merupakan pedoman hidup manusia.

Untuk menunjang keinginan para orang tua peserta didik dalam mencetak generasi qur’ani, SD Juara Pekanbaru memiliki salah satu program pembelajaran yang menarik yaitu program Tilawah, Tahfidz Qur’an atau disingkat dengan pembelajaran (TTQ). Pembelajaran ini rutin dilakukan selama 5 hari dalam sepekan, dengan pola pembagian waktu 2 jam pembelajaran. Setiap siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang digawangi oleh masing-masing guru TTQ. Kesempatan menjadi guru TTQ merupakan suatu hal yang harus disyukuri, karena ada banyak pahala kebaikan yang didapatkan. Sebagaimana hadist Rasululloh SAW, “Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah).

Metode yang diterapkan di SD Juara Pekanbaru untuk menunjang kualitas bacaan seluruh peserta didik adalah metode UMMI. Selain mengajarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an dengan menghafal, mendengarkan, memperkenalkan juga mengajarkan hukum-hukum Al-Qur’an. Keduannya merupakan satu rangkaian yang tidak dapat terpisahkan sehingga materi tersebut penting untuk dipelajari agar anak-anak bisa memahaminya lebih jelas.

Pembelajaran Alqur’an juga memiliki Fungsi bagi pendidikan dalam perkembangan kognitif dan afektif anak secara umum yaitu meningkatkan perkembangan moral anak dan kemampuan anak untuk mendengarkan dan menghafalakan ayat Al-Qur’an, sehingga secara tidak langsung hal tersebut akan mengembangkan daya ingatnya dan pemahamannya serta meningkatkan daya pikirnya untuk mampu memecahkan suatu persoalan yang dihadapi baik secara akademik dan non akademik.

Kontributor : Nailul Author