Hari Rabu, di kelas 1A adalah waktunya berkreasi. Saat ini anak-anak sedang mempelajari tema 5 : Pengalamanku. Salah satu yang dipelajari adalah tentang sila ke-2, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Anak-anak juga mempelajari lambang sila ke-2 yaitu rantai. Setelah di hari sebelumnya guru mengenalkan tentang sila ke-2 beserta lambangnya, di hari Rabu ini anak-anak di ajak untuk berkreasi membuat rantai dari kertas.

Pembelajaran masih dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom. Sebelumnya, guru meminta anak-anak untuk menyiapkan alat dan bahannya, yaitu gunting, lem, dan 2 lembar kertas. Saat pembelajaran, guru memberikan contoh dan instruksi lewat gambar maupun secara langsung. Anak-anak diminta memperhatikan dan mengikuti sesuai yang dicontohkan guru. Dimulai dari melipat kertas menjadi 8 bagian sama besar, menggunting kertas mengikuti garis lipatan, menyatukan dua kertas dengan lem sampai menjadi rangkaian berbentuk rantai.

Anak-anak tampak antusias membuat kreasi rantainya. Walaupun di awal ada beberapa yang kesulitan mengikuti, karena terkendala sulit memahami instruksi secara online, namun setelah dicontohkan perlahan-lahan Alhamdulillah semua anak bisa mengikuti dan menyelesaikannya dengan baik.

“Bu, punya aku jadi mahkota” seru seorang anak sambil menaruh rantai yang sudah jadi di kepalanya. “Aku jadi kalung bu” sahut yang lainnya sambil mengalungkan ke lehernya. Mereka tampak senang dengan hasil kreasinya. Rantai yang mereka buat, nantinya bisa digunakan untuk hiasan di ruang belajar atau di kamar mereka masing-masing.