Rabu, 20 Januari 2021, peserta didik kelas V SD Juara Al Hakim melakukan Focus Group Discussion (FGD) di dua masjid terdekat dengan rumahnya yaitu masjid Al Muhajirin dan masjid Baitussalam, Tanah Tinggi.

FGD adalah sebuah kegiatan diskusi kelompok yang berfokus membahas pelajaran tematik dengan bantuan modul pembelajaran yang telah dibuat wali kelas V.

FGD dilakukan bergilir dengan durasi maskimal 1 jam diikuti oleh 5 orang tiap kelompoknya.

Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan berupa memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, peserta didik antusias melakukan kegiatan ini.

FGD ini dilakukan untuk menjawab persoalan berupa terkendalanya peserta didik melakukan pembelajaran online karena minimnya fasilitas penunjang berupa gawai dan paket data peserta didik.

Kiki, salah satu peserta didik, menuturkan bahwa FGD ini sangat membantu dirinya memahami pembelajaran tematik dibandingkan pembelajaran berbasis online melalui video call.

Peserta didik lain, Safa, mengungkapkan FGD ini menyenangkan karena dapat bertemu langsung dengan teman-teman kelasnya.

FGD diawali dengan membaca doa sebelum belajar, dilanjutkan dengan materi pembuka dari guru kemudian diskusi kelompok dan pengerjaan modul. FGD ditutup dengan tanya jawab dan doa penutup majelis.

Ke depan FGD ini akan kembali dilakukan, untuk menyelesaikan proyek hasil akhir dari modul pembelajaran tematik.

Kontributor: Hero Hergantoro