Hari Senin di kelas dua Sekoci SD Juara Jakarta Utara, adalah waktunya belajar bahasa. Ada bahasa Arab yang diajarkan oleh Pak Kosasi dan ada bahasa Inggris yang diajarkan oleh Miss Mawar.

Pada pembelajaran bahasa Inggris pekan ketiga Januari 2021 ini, selain menghafal kosakata (ODOV) siswa juga belajar berlatih percakapan bertema “greeting”.

Melalui zoom meeting, dua orang siswa diminta membaca contoh dialog, lalu mempraktekkannya. “Good morning, Tsaniyah! How are you?” sapa Iandra. “Good morning, Iandra! I’m good.” balas Tsaniyah.

Kecakapan berbahasa asing khususnya bahasa yang banyak digunakan secara global – seperti bahasa Inggris – masih sangat diperlukan, karena banyak khasanah ilmu pengetahuan yang disajikan menggunakan bahasa Inggris. Dalam kehidupan sehari-hari pun bahasa Inggris sebenarnya sudah tidak asing lagi. Kita bisa menemukannya dalam bahasa gaul, dalam iklan, dan dalam gawai-gawai kita.

Mempelajarinya bahasa asing pun sebaiknya dari usia SD sehingga bisa diserap lebih baik.

Dengan belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris ini, diharapkan siswa Juara nantinya lebih mudah melanjutkan pendidikan di mana saja, dan bisa menjadi warga dunia.