Senin, 18 Januari 2020 hari yang sangat dinanti oleh anak-anak kelas 3 SD Juara Surabaya. Anak-anak akan mengadakan kegiatan yang merupakan salah satu keragaman bangsa Indonesia di tiap daerah namun menjadi pemersatu bangsa. Kegiatan tersebut diberi nama”Festival Makanan dan minuman khas daerah”. Festival ini diikuti siswa kelas tiga dalam rangka pembelajaran tema 5 Subtema 1 yang berkaitan dengan keanekaragaman bangsa Indonesia. Diantara keanekaragaman itu adalah makanan khas dari masing-masing daerah.

Anak-anak sangat antusias dengan kegiatan ini. Tahapan sebelum festival ini antara lain anak – anak harus berdiskusi dengan orang tua tentang makanan dan minuman yang akan mereka siapkan pada hari Rabu. Pada hari Kamis dan Jumat mereka menyiapkan stand atau tempat yang akan digunakan untuk tempat makanan dan minuman. Mereka juga menghias dengan berbagai hiasan hasil karya mereka. Semua rangkaian itu terjadwal dengan baik di jadwal harian BDR Siswa kelas 3 yang dibagikan setiap hari.

Berbagai makanan mereka siapkan diantaranya rujak cingur khas Surabaya dengan minuman kunyit asam, pempek Palembang dan sari temulawak, Uta kelo dan saraba dari Sulawesi Tengah, Sate Madura,Soto Madura dan lain-lain. Mereka menyiapkan dengan baik stan makanan mereka.

Festival makanan dan minuman dipamerakan dari rumah masing-masing via ZOOM kelas 3. Pembukaan festival dilakukan oleh wali keas 3 yaitu bu Ifah. Anak-anak mempresentasikan stand makanan dan minuman masing-masing. Saya Sabila stand saya sate Madura, silakan mampir ke stand saya untuk mencicipi” kata Sabila”. Diakhir acara festival mereka mencicipi makanan masing-masing dari rumah dan berbagi dengan anggota keluarganya msaing-masing.

Meskipun dimasa pandemic dan pembelajaran daring, festival dapat dilakukan dengan baik dan anak-anak mampu berkreasi serta kreatif dengan kegiatan tersebut. Anak-anak juga mengetahui beragam makanan khas masing-masing daerah dari pameran tersebut. (Siti Muholifah)