Pembagian rapor semester ganjil untuk kelas 4 SD Juara Pekanbaru telah terlaksana pada tanggal 18 Desember 2020 yang lalu. Sebanyak 28 peserta didik menerima hasil belajar mereka yang dilaksanakan dengan sistem daring. Sistem penilaian tentunya mengalami perubahan dan penyesuaian semenjak adanya pandemi. Anak-anak memiliki kesempatan yang besar belajar sambil didampingi orangtua di rumah. Jika orangtua sungguh-sungguh memanfaat momen ini, maka hasilnya akan positif yaitu anak akan terpantau dan apapun tugas yang diberikan guru dapat didampingi untuk mengerjakannya.

Sigit salah satu contoh yang berhasil menggabungkan antara peran guru dan orangtua sebagai fasilitator anak dalam belajar. Komunikasi yang terjalin di saat BDR ini sangat baik. Sigit selalu aktif mengikuti pembelajaran di semua media pembelajaran. Semua tugas, ulangan dan penilaian semester dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Sigit menjadi peserta didik terbaik dalam kualitas dan kuantitas belajar jarak jauh.

Alhasil dalam semester ganjil ini ananda Sigit berhasil memperoleh nilai terbaik di kelas 4. Banyak teman-teman Sigit yang terkejut dan tidak menyangka karena sebelum BDR Sigit tidak terlalu mencolok di kelas. “Keberhasilan ananda Sigit dalam belajar berkat kerjasama yang baik antara guru, orangtua dan peserta didik. Ananda membuktikan meskipun belajar dari rumah ananda tetap bersemangat dan berhasil memahami pelajaran yang diberikan guru dengan media informasi digital”, ujar bu Amelia Salfitri guru kelas 4 SD Juara Pekanbaru.

Kontributor: Amelia Salfitri