Jumat (15/1). SMP Juara Pekanbaru memulai aktivitas paginya dengan pembiasaan secara virtual. Aktivitas pagi ini sudah berlangsung dari jam 03.30 Wib dengan aktivatas Tahajjud Call, tilawah, zikir pagi dan bersih rumah. Semua kegiatan ini mereka abadikan dalam bentuk foto yang dikirim ke walikelas. Jam 06.55 Wib – 07.10 para peserta didik masuk ke dalam zoom untuk pertemuan tatap muka langsung. Aktivasi pagi atau pembiasaan ini memberikan penguatan dan mood positif bagi peserta didik sebelum mengikuti proses pembelajaran.

Pembiasaan yang terjadwal ini sangat membantu peserta didik dalam mengatur waktu dengan efektif, tentunya juga lebih produktif. Dan yang lebih positif lagi dapat menggugurkan kejenuhan dimasa pandemi ini. Hal ini terlihat dari semangat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti pembiasaan. Seperti Ririn ungkapkan melalui chat telegram “Miss anak sudah siap pembiasaan dan sudah selesai tilawah 1 juz, zikir pagi dan mencuci piring” senyum-senyum bahagi para anak-anak terlihat dari foto-foto yang mereka kirimkan.

Pembiasaan pagi ini, juga memberikan mafaat untuk kesehatan seperti yang dirilis oleh Hello Sehat bahwa orang-orang yang bangun pagi akan membuat badannya lebih sehat dan bugar serta mental lebih sehat dan posistif. Kebermanfaata bangun pagi ini juga ada dalam hadits Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar R. Huma, Rasulullah SAW bersabda : ”Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.”