Surabaya. Thematic Challange pada pembelajaran tematik (Matematika) Pada Subtema 1 semester ini, siswa kelas dua SD Juara Surabaya adalah belajar mengukur dengan satuan panjang baku centimeter dan meter.
Untuk mengetahui panjang suatu benda, kita memerlukan alat ukur panjang yang sesuai. Agar tidak terjadi perbedaan hasil pengukuran, kita perlu menggunakan alat ukur baku, seperti beberapa contoh penggaris dan meteran.

Penggunaan alat ukur, bergantung seberapa panjang yang akan diukur dan kemudahan penggunaannya. Penggaris digunakan untuk mengukur benda-benda yang panjangnya kurang dari 1 meter. Meteran pita atau meteran kain biasanya digunakan penjahit untuk mengukur panjang kain. Meteran rol kecil digunakan untuk mengukur panjang kayu, sedangkan meteran rol besar digunakan untuk mengukur panjang tanah atau lapangan. Satuan baku hasil pengukuran panjang, misalnya meter (m) dan sentimeter (cm).

Selanjutnya pada hari Kamis kemarin (14/1), siswa belajar mengukur benda berukuran sedang sampai besar, seperti daun pintu, rak buku, sapu, dengan menggunakan meteran. Setelah mengukur dengan baik dan benar, siswa berlatih mengubah ukuran benda tersebut, dari ukuran centimeter menjadi meter.Beberapa siswa tampak sudah terampil mengukur panjangbenda di rumahnya. Beberapa lagi tampak masih kaku melakukannya. Mungkin ini kali pertama mereka menggunakan meteran dalam mengukur panjang benda di rumah.

“Karena ada tugas mengukur, selama beberapa hari ini, segala macam benda diukur oleh Mas Ubeb. Dia sedang penasaran mengukur benda dengan meteran,” Ucap Bu Arum, salah satu wali siswa kelas 2.
Manfaat mengukur suatu benda adalah mengetahui pasti tentang panjang suatu benda sehingga dapat dikonversi ke dalam satuan panjang yang lain.