Jumat (15/1) Setiap hari Jumat, siswa SD Juara Surabaya kelas 1 sampai kelas 3 melaksanakan ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai. Sebagai ucapan bela sungkawa pada korban kecelakaan pesawat yang terjadi pada pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di kepulauan Seribu, para siswa menggambar pesawat terbang.

Hal tersebut dilakukan agar para siswa juga memiliki empati terhadap lingkungan. Empati merupakan kemampuan dalam memahami dan merasakan emosi yang sedang dialami oleh orang lain, serta tahu cara memberi respon sesuai apa yang orang lain harapkan. Sebab, sebagai makhluk sosial, kita perlu menunjukan rasa peduli pada sesama. Karena itu, setiap orang harus memiliki kepekaan pada dinamika kehidupan sosial di sekitarnya.

Untuk dapat memahami keadaan yang dialami orang lain, siswa perlu untuk membayangkan pada kejadian yang dialami oleh keluarga para korban dan mendoakannya. Dengan begitu, siswa akan lebih peka dan mengerti tentang apa yang dia rasakan, terlebih jika kamu pernah mengalami hal serupa. Kamu jadi tidak akan kesulitan dalam merasakan gejolak emosi yang dirasakannya.

“Untuk melatih empati para siswa juara, ekstra kali ini mereka akan menggambar ojek pesawat terbang. Semoga para korban diampuni kesalahannya dan diterima amalnya selama di dunia. Untuk para keluarga korban, semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan,” Ujar Bu Fu, pendamping ekstrakurikuler menggambar dan mewarnai.