Jumat, 16 Januari 2021 SD Juara Surabaya melakukan kegiatan ngosek asik. Kegiatan yang sudah rutin dilakukan ini menjadi kebiasaan anak-anak SD Juara Surabaya. Kegiatan ini dinamakan Jumat bersih. Kegiatan ini sudah berlangsung sejka lama sehingga menjadi kebiasaan yang tanpa disuruh orang tua mereka. Ngosek asik dimulai pagi hari di hari penuh berkah yaitu hari jumat. Meskipun dimas pandemic dan dalam pembelajaran BDR, kegiatan ini tetap dilakukan dari rumah masing-masing. Kebiasaan yang baik jangan sampai terputus dimanapun berada.

Anak-anak mulai ngosek atau membersihkan kamar mandi,halaman rumah, kamar tidur mereka, membuang sampah dan lain-lainnya. Kegiatan ini dilakukan oleh semua anak dari semua jenjang. Mereka sangat menyukai saat kegiatan ini terutama kegiatan ngosek kamar mandi karena mereka bertemu dengan air, jadi bisa sambil main.

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Rasanya senang kalau melihat rumah bersih dan anak-anak sudah memiliki kesadaran untuk membantu orang tua. Alhamdulillah kakanya jadi ikut-ikutan untuk belajar bersih-bersih. Cerita salah satu orang tua siswa. Alloh menyukai kebersihan, oleh sebab itu senantiasalah kita hidup bersih.