Jakarta – Bagi siswa kelas rendah, belajar di rumah adalah proses belajar yang butuh aktivitas yang menarik serta kegiatan yang menuntun mereka untuk tetap bisa bergerak lincah serta tetap mengoptimalkan panca indera seperti mata, telinga dan mulut. Pemilihan aktifitas dalam belajar sangat mempengaruhi semangat siswa dalam belajar.

Seperti aktivitas yang dilakukan oleh siswa kelas 2 SD Juara Jakarta Selatan (SDJ Jaksel) yakni menghias vas bunga atau barang bekas lainnya. Di awal, siswa menentukan benda yang akan dihias serta memilih biji-bijian digunakan sebagai bahan untuk menghias.

Pembelajaran ini dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Januari 2021 dan hasil karyanya kemudian didokumentasikan serta dikirim ke guru di hari berikutnya Senin, 18 Januari 2021. Kegiatan ini bertujuan selain untuk menciptakan ketertarikan siswa dalam belajar juga bertujuan untuk mengenalkan siswa pada karya tiga dimensi pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).

Setiap aktivitas yang dilakukan oleh siswa kelas rendah masih sangat membutuhkan pendampingan orangtua. Orangtua pun menjadi garda terdepan untuk menciptakan kondisi belajar yang nyaman di rumah.

Kerja sama orangtua yang sangat luar biasa terlihat ketika para siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan atau bahkan telah mengumpulkan sebelum waktunya.

Para guru sangat bangga dan berterima kasih kepada para orangtua yang dengan sepenuh hati serta segenap jiwa raga berupaya melakukan yang terbaik untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna di rumah. Kebersamaan dengan Ananda saat ini akan menjadi cerita indah baginya di kemudian hari.
(Rizki Hasanah)