Saat ini hampir seluruh siswa di jenjang satuan pendidikan dari tingkat SD hingga SMA tengah memasuki proses pembelajaran di semester 2. Tentunya banyak hal yang perlu di persiapkan mengingat proses pembelajaran yang akan dilakukan saat ini masih menggunakan proses pembelajaran jarak jauh.

Sudah beberapa bulan ini proses pembelajaran yang digunakan menggunakan pola pembelajaran jarak jauh mengingat saat ini hampir di seluruh wilayah indonesia bahkan dunia sedang dilanda wabah virus Covid 19.

Tentunya dengan pola pembelajaran demikian dibutuhkan sebuah komitmen antara pihak guru dengan siswa atapun antara pihak sekolah dengan orang tua. Karena dengan terjalin nya sebuah komitmen yang baik diantara keduanya maka proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan terarah.

Seperti di lingkungan SMP Juara Pekanbaru pihak guru mengajak para siswa untuk melakukan proses pembelajaran awal melalui zoom meeting, dimana guru menyampaikan beberapa hal terkait bagaimana proses pembelajaran disemester 2 ini, bagaimana pola pembelajaran yang akan digunakan serta membuat sebuah komitmen yang tentunya akan sama – sama disepakati demi lancarnya sebuah proses pembelajaran jarak jauh.

Ditambahkan Kepala Sekolah Smp Juara Pekanbaru Bapak Syahrul Padilah, S.Pd hal ini sangat penting sekali diterapkan mengingat pola pembelajaran yang digunakan saat ini merupakan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana kita sebagai guru bisa memastikan keikutsertaan para siswa dalam proses pembelajaran tersebut, bagaimana kita juga bisa memastikan para siswa terlibat aktif disetiap proses pembelajaran jarak jauh.
Semoga dengan terjalinnya komitmen yang baik, guru dan siswa dapat melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh dengan baik dan maksimal.