Pandemi Covid 19 agaknya telah memupuskan harapan siswa untuk kembali sekolah pada semester 2 kali ini. Setelah segala persiapan sambut masa transisi digelar, orangtua dan guru harus kembali mempersiapkan diri jelang Daring Jilid ketiga. Dari yang mulai memasuki semester ketiga ini harus dijalani semua pihak dengan lapang dada sesuai dengan peraturan Gubsu tentang tatap muka.

Untuk memulai pembelajaran daring, SD Juara Medan memulai programnya dengan soft skill bagi seluruh siswa. Soft skill kali ini merupakan pemanasan sebelum siswa memasuki daring jilid ketiga. Setiap harinya sejak tanggal 4-9 Januari 2021, siswa harus melaksanakan keterampilan rumah tangga yang ditugaskan oleh guru. Soft skill mengusung tema berbakti kepada orangtua sekaligus memandirikan siswa. Bagi siswa kelas tinggi, soft skill lebih kompleks seperti mencuci piring, merapikan kamar tidur dan membantu orangtua mempersiapkan makanan. Sedangkan bagi kelas rendah terutama kelas satu, soft skill dapat berupa hal-hal sederhana seperti merapikan mainan sendiri, menyapu rumah, dan hal-hal sederhana lainnya. Semua ini ditujukan agar menumbuhkan empati terhadap kedua orangtua, mandiri dalam menjaga kebersihan rumah dan terampil dalam mengelola rumah. Jadi ada banyak sekali manfaat dari soft skill ini.

Diharapkan dengan adanya soft skill, siswa siswi SD Juara Medan tak hanya berjuang agar selalu juara secara akademik, namun juga juara dalam bidang akhlak. Karena sungguh, Islam turun dengan akhlaknya yang indah untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Jangan mau kalah sama anak SD Juara Medan. Kamu sudah mengerjakan soft skill apa hari ini??