Pekanbaru, 13 Januari 2021. Kali ini saya mencoba mengangkat cerita tentang salah seorang siswa saya yang saat ini masih duduk dikelas 7 Alexandria SMP Juara Pekanbaru.

Namanya M. Cendikia Amin atau akrab disapa Cendi. Cendi merupakan siswa SMP Juara Pekanbaru yang merupakan anak pertama dari pasangan bapak M. Amin dan ibu Weri Musweli. Keluarga ini belum lama menetap di kota Pekanbaru lebih kurang sekitar 3 tahun yang lalu dimana sebelumnya berdomisili di pulau Jawa. Hal ini dikarenakan sang ayah diharuskan pindah tempat bekerja disalah satu perusahaan swasta di Pekanbaru.

M. Cendikia Amin lahir di Jakarta pada tanggal 21 April 2008. Artinya saat ini usianya baru menginjak kurang dari 13 tahun. Menurut informasi yang saya dapatkan dari orangtua cendi, anaknya sudah mulai terbiasa bangun malam dan melakukan sholat tahajjud sejak kelas 6 SD. Ia merupakan siswa pindahan. Sekolah SD nya merupakan sekolah Islam yang mana kebiasaan tahajjud ini menjadi anjuran dari sekolah.

Kebiasaan yang sangat jarang kita temukan ini terutama dikalangan anak2 seusia cendi ini terus berlanjut hingga memasuki sekolah SMP Juara Pekanbaru. Dimana sekolah ini juga menanamkan kebiasaan siswanya untuk terbiasa sholat tahajjud dan melakukan amalan2 yang disunnahkan lainnya.

Hampir setiap malam Cendi dibangunkan oleh sang ayah dan setiap kali dibangunkan dia langsung bersegera menuju kamar mandi lalu bersih-bersih dan menggunakan pakaian lengkap untuk sholat menghadap Allah ta’ala. Pakaian lengkap yang saya maksud seperti sarung, baju Koko dan peci.

Dalam hal pelajaran sekolah cendi juga dikenal sebagai siswa yang Disiplin dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya disekolah. Dia juga termasuk siswa yang dikenal baik hubungannya dengan teman-teman sekelasnya.

Semoga kebiasaan sholat tahajjud ini menjadi inspirasi bagi teman2 disekolahnya serta kita pada umumnya dimana anak seusianya sudah terbiasa bangun malam dan melakukan hal yang mungkin oleh sebagian besar orang dewasa sulit untuk melakukannya apalagi bisa konsisten hampir setiap malam.

Masya Allah, semoga ananda cendi terus terbiasa tahajjud sampai dewasa dan tumbuh menjadi anak yang sholeh sebagaimana yang di dambakan oleh setiap orangtua. Aamiin Allahumma aamiin,

Kontributor : Imam Faisal, S.Pd.I