Pada awal tahun 2020, dunia sedang dilanda sebuah virus yang disebut dengan corona virus (Covid-19). Penularan Covid-19 sangatlah cepat sehingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus corona atau Covid-19 ini sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020.

Pemerintah Indonesia memberlakukan PSBB dalam rangka menekan penyebaran virus yang lebih luas dan memaksimalkan penyembuhan serta juga telah membatasi kegiatan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan melalui pembelajaran online.

Banyak siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar. Karena itu diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.

Motivasi belajar adalah penggerak yang membuat seseorang tertarik untuk belajar secara berangsur angsur lebih baik, motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa,tantangan ini yang harus dihadapi oleh setiap guru dengan memberikan beberapa kemudahan dalam proses pencapaian Pembelajaran Jarak Jauh.

Bagi kami tenaga pengajar di sekolah Smp Juara Pekanbaru banyak teori dan teknis yang dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada mereka sehingga proses pembelajaran jarak jauh tetap menjadi sebuah komoditi untuk akselarasi kemampuan mereka didalam belajar sekalipun dirumah.

Menurut Syahrul Padilah. S.Pd selaku kepala sekolah “motivasi dalam belajar wajib diberikan untuk oleh setiap tenaga pengajar karena akan menjadi pendorong bagi siswa sehingga kombinasi teknis mengajar kepada siswa akan selalu terjaga dan membuat mereka nyaman dalam belajar,” Ujarnya.