Bismillah, pada kesempatan kali ini pembinaan Rumah Zakat bulan Januari masih dilakukan secara online. Ahad, 10 Januari 2021 materi yang disampaikan ketika pembinaan online dengan tema Akhlak yaitu dengan judul *Akhlak Remaja Masa Kini*

Akhlak adalah sifat yang tertanam di dalam diri seseorang manusia. Akhlak bisa mengeluarkan sesuatu dengan senang dan mudah tanpa adanya suatu pemikiran dan paksaan. Nabi bersabda: Aku di utus untuk menyempurnakan akhlak yang baik. Kata “menyempurnakan” menunjukan bahwa akhlak adalah tujuan puncak yang harus dicapai oleh seorang muslim. Tentunya agar menjadi manusia yang relative mendekati nilai-nilai ideal Islam.

Bagaimana pemuda-pemudi ini akhlaknya menjadi lebih baik dan bisa menjadi generasi penerus bangsa? Mengingat upaya lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mendidik generasi penerus bangsa, maka hasilnya adalah mewujudkan terbentuknya akhlakul karimah. Ilmu pengetahuan saja tidak akan cukup jika tidak didukung oleh akhlak yang baik.

Remaja adalah anak-anak muda penerus bangsa, anak muda yang menentukan baik buruknya masa depan bangsa dan negara. Yang namanya remaja di zaman sekarang, banyak sekalian kelakuan mereka yang jauh dari agama, jauh dari moral yang baik.

Sebagai pemuda yang baik kita harus memiliki akhlak yang baik dengan menunjukkan wajah yang berseri-seri, memberikan bantuan sebagai tanda kedermawanan dan menahan diri dari perbuatan yang menyakiti. Serta selalu belajar membenahi diri menjadi lebih baik.