Surabaya (9/1). “Sibukkan dirimu dengan aktivitas yang bermanfaat, sebelum engkau disibukkan dengan hal yang sia-sia.” Itulah pesan yang selalu disampaikan kepada siswa kelas 2, SD Juara Surabaya.

Pesan itulah yang membuat ananda Alfi selalu mengisi akhir pekannya dengan kebiatan yang bermanfaat. Setiap hari Sabtu, Alfi belajar berkuda besama kakaknya, Izzah, dan Husna, sepupunya. Mereka belajar berkuda ditemani oleh pamannya yang juga merupakan ayah dari Husna. Berakhir pekan dengan latihan berkuda merupakan reward dari umi karena selama sepekan Alfi rajin murojaah, menambah hafalah, dan tertib melaksanakan Belajar dari rumah (BDR). Ananda Alfi juga merupakan salah satu soswa yang mendapatkan predikan “Lima besar siswa yang paling tertib mengirim laporan BDR di kelas 2”.

Lokasi latihan berkuda yaitu berada di jalan Raya Kedung Asem 19A, Surabaya. Selain belajar berkuda, Alfi juga belajar memanah bersama teman pamannya. Alfi diajari cara memanah yang benar. “Saya senang sekali. Sekarang saya sudah bisa naik kuda dan tidak takut lagi.” ujar Alfi dengan senang. Seperti yang kita ketahui, bahwa berkuda dan memanah merupakan olah raga yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Seperti sabda beliau, ”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah.” (HR Bukhari, Muslim) juga ”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)

Penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Public Health yang dilansir oleh lifestyle.kompas.com ini menyimpulkan, berkuda dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. Kegiatan berkuda dinilai dapat membuat anak lebih mudah menerima informasi saat belajar. Manfaat berkuda yang dimaksud bukan ketika anak hanya duduk diam di atas pelana kuda. Selain berkuda, memahan juga bermanfaat untuk perkembangan otak. Seperti yang di lansir oleh IslamPos, olah raga memanah bermanfaat untuk:
1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan.
2. Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari.
3. Membangun kekuatan tubuh.
4. Meningkatkan kesabaran.
5. Meningkatkan fokus.
6. Membangun kepercayaan diri.
7. Merupakan olahraga sosial.
8. Merupakan bentuk latihan kebugaran.
9. Merelaksasi tubuh
Selamat berlatih, mbak Alfi. Semoga selain mendapatkan sunnah, Mbak Alfi juga bisa mendapatkan manfaat dari berlatih berkuda dan memanah.