Pekanbaru (07/01) kelas 5 SD Juara Pekanbaru telah melaksanakan percobaan materi pembelajaran tema 6 yaitu tentang sumber energi panas. Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar dimuka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.

Kegiatan percobaan ini dibimbing secara virtual oleh guru kelas 5. Semua siswa melakukan percobaan ini dengan sangat antusias dirumah masing-maising. Adapaun bahan-bahan dan peralatan yang digunakan sangat mudah ditemukan antara lain: menyiapkan 3 wadah es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu. Semua siswa diminta untuk menyiapkan semua bahan dan peralatan tersebut lalu kemudian mengikuti langkah-langkah percobaan berikut ini.
1) Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama. 2) Satu wadah diletakkan diluar rumah dibawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam rumah. 3) Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari. 4) Setiap siswa diminta mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai mencapai benar-benar mencair.

Setelah selesai melakukan percobaan ini semua siswa diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang telah disiapkan oleh guru kelas. Lalu kemudian siswa diminta untuk menyimpulkan dari hasil kegiatan tersebut.
Ari salah satu peserta didik yang terlibat dalam percobaan ini mengaku sangat senang melakukan percobaan ini, selain bisa menambah pengalaman juga bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan.

Kontributor : Nailul Author