Jakarta – Siswa-siswi SD Juara Jakarta Selatan (SDJ Jaksel) memulai hari pertama sekolah di semester genap dengan pertemuan daring melalui Zoom. Selain lewat Zoom, pertemuan ini bisa juga diakses melalui siaran langsung Youtube. Acara ini diadakan pada hari keempat di tahun 2021, yaitu Senin (04/01).

Kegiatan ini dilakukan daring karena pemerintah mengurungkan pembelajaran tatap muka di semester dua tahun 2021 setelah sebelumnya sempat diumumkan semester ini akan dilakukan pembelajaran tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan. Meski demikian, para guru SDJ Jaksel sudah mempersiapkan kegiatan yang menyenangkan, mudah dilakukan dan bermuatan pendidikan.

Acara yang bertajuk Reorientasi SD Juara Jaksel ini dimulai pukul 08.00 dengan salam sapa dari Siti Khodijah dan Erna Kustriwinarsih, keduanya merupakan guru SDJ Jaksel yang dengan semangat dan bahagia memandu acaranya. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SD Juara, para siswa mendengarkan sambutan singkat dari Kepala Sekolah Syamsinar. Selanjutnya yang membuat acara ini berkesan, selain seluruh peserta memakai hiasan kepala unik, mereka juga harus membuat tulisan yang mengekspresikan perasaan mereka dan diabadikan pada sesi foto bersama. Sebelum ditutup, acara disemarakan dengan kisah yang dibawakan guru SDJ Jaksel yang akrab disapa Bu Lia (Eutik Masliyah) dan Bu Rizki (Rizki Hasanah).

Pertemuan via Zoom seperti ini bukan pertama kalinya dilakukan warga sekolah SDJ Jaksel, tapi para guru selalu mengusahakan sesuatu yang lain dan berkesan agar setidaknya mengobati kerinduan semua warga sekolah untuk berkumpul bersama dan belajar di sekolah, seperti yang dituliskan Farrid kelas 1 pada kolom komentar, “Saya senang sekali, bisa melihat guru-guru dan teman-teman.”