Psikotes Siswa Kelas 7 SMP Juara Bandung

Psikotes Siswa Kelas 7 SMP Juara Bandung

Bandung, 13/10/2020. Salah satu proses atau tahapan dalam penerimaan didik baru di SMP Juara Bandung adalah psikotes. Psikotes ini seharusnya dilaksanakan sebelum proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Semester 1 dimulai. Tetapi dikarenakan pandemi Covid-19, ahkhirnya psikotes baru bisa dilaksanakan pada hari Selasa – Rabu, 13 – 15 Oktober 2020.

Tujuan psikotest adalah untuk mengetahui berbagai potensi yang dimiliki oleh setiap individu yang tidak terobservasi secara langsung. Dengan diketahuinya potensi-potensi yang tersembunyi ini, diharapkan kepribadian atau kemampuan seseorang dapat disesuaikan dengan potensi-potensi yang dimiliki. Jika ada sifat-sifat atau hal-hal kurang baik yang bisa ditimbulkan, bisa dilakukan antisipasi sebelumnya, dengan demikian dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan atau perbaikan yang diperlukan.

Psikotes ini diberikan kepada tiga rombel (rombongan belajar) kelas 7 dan dilaksanakan secara bergiliran. Kelas 7 Al Fida di hari Selasa, 7 Al Ghorizm di hari Rabu dan 7 Al Jazari di hari Kamis hal ini dalam rangka menjalankan protokel kesehatan yaitu membatasi jumlah peserta dalam ruangannya dan membatasi jumlah orang yang hadir di sekolah.

Sebelum psikotes dilakukan, terlebih dahulu sekolah membuat surat pernyataan kesiapan mengikuti psiotes artinya jika orang tua tidak mengizinkan anaknya mengikuti psikotes, maka anak tersebut dipersilahkan untuk tidak mengikuti psikotes.
(Kontributor: Tarudin, S.Pd.)