Apa yang kita bayangkan saat memperhatikan foto ini? Berfoto di studio dengan baju indah itu biasa. Namun berfoto di hadapan rumah sangat sederhana sekali dengan baju seragam itu luar biasa. Walau sederhana, namun foto ini bicara, ia memiliki rasa. Ini adalah foto tentang keluarga sederhana yang tak surut untuk berkarya. Keluarga yang pas-pasan namun kaya usaha demi anak-anaknya. Melihat keluarga ini akan mengingatkan kita pada keluarga Cemara.

Keluarga Cemara ini adalah salah satu keluarga di SD Juara Medan. Foto ini adalah foto Humairoh Nurhafizah atau biasa dipanggil Umay. Umay dikenal kuat menahan lapar. Terkadang tak ada makanan di rumah untuk dibawa, Umay lebih rela menahan lapar daripada meminta-minta pada teman sekelasnya. Umay memiliki adik yang juga sekolah di SD Juara Medan. Keduanya adalah anak dari pejuang keluarga. Setiap pagi keduanya diantar oleh ibunya, berlima dalam satu motor dengan jarak tempuh yang amat jauh. Sekolah letaknya hampir di tengah kota, sementara rumah letaknya jauh di pelosok sana. Namun kedua bersaudara ini tak pernah terlambat datang ke sekolah.Subhanallah..

Saat Lomba Foto Keluarga, keduanya tetap semangat mengirimkan foto keluarga mereka. Tak merasa berkecil hati dengan kondisi rumah. Tak merasa kalah dengan keluarga yang lebih berada. Demi menumbuhkan jiwa sehat berkompetisi dan semangat belajar bagi anak-anak, mereka pun berkreasi. Inilah yang membuat hati haru menyaksikan foto keluarga sederhana ini.

Jika hari ini hati kita merasa sempit dan susah, cobalah lihat foto ini. Maka akan hadir beribu syukur dalam hati. Karena ternyata menjadi juara itu cukup sederhana. Sesederhana keluarga Humairoh Nurhafizah.

#ijf
#medan
#agustus