Hampir sebulan  pembelajaran jarak jauh sebagai konsekuensi pembatasan sosial karena pandemi Covid-19 berlangsung. Dengan segala siasat dan kreativitas, guru-guru mencoba menerapkan pemelajaran jarak jauh yang pas tanpa harus membebani para siswa.
Salah satu contohnya adalah pembelajaran bahasa jawa tema aksara jawa yang telah di berikan sebanyak tiga kali dalam sebulan ini kepada siswa kelas 4. Tugas pertama adalah menuliskan aksara jawa dengan media bebas. Tugas kedua adalah membuat gantungan kunci dengan media bebas yang ada dirumah yang ditulis nama masing-masing anak dengan aksara jawa. Tugas yang ketiga adalah melabeli barang-barang yang ada dirumah dengan tulisan aksara jawa.
Dari tiga tugas yang diberikan tersebut, justru kreativitas muncul dengan luar biasa. Anak-anak berkolaborasi dengan orang tua tentunya, bisa menciptakan hasil karya luar biasa dari bahan bahan murah meriah yang mereka dapatkan dirumah tanpa harus membeli .
Salah satu walimurid menyampaikan bahwa putranya semangat dan jenak dalam mengerjakan tugas tersebut. Hal ini didukung juga dengan foto-foto yang dikirim, sangat terlihat anak-anak gembira dan tanpa sadar mereka sedang menghafal aksara jawa melalui kegiatan tersebut.
Semoga dengan kegiatan-kegitan kreatif yang ditugaskan guru, mampu menciptakan kreatifitas kreatifitas baru tanpa batas, sehingga kondisi yang seperti sekarang ini anak-anak bahkan orang tua tidak jenuh dan bosan melainkan makin semangat dan menikmati dengan gembira hari-hari pembelajaran jarak jauh ini setiap harinya.
Kontributor: Catur Palupi,S.Pd
#IJF #Yogyakarta #SDJuarajogja #April #PJJ