Pada selasa 14 april kelas 2 Umar bin Khattab masih melakukan pembelajaran jarak jauh secara online. Dalam pembelajaran jarak jauh tentunya guru harus dapat membuat pembelajaran sekreatif mungkin, agar siswa tidak jenuh dalam melakukan proses pembelajaran itu.
Bila hanya harus mengisi soal dalam buku tematik maka lambat laun siswa akan bosan, dan semangat dalam belajarnya pun jadi menurun. Mungkin bahkan ada yang malas untuk mengikuti pelajaran dan asyik main bersama temannya atau main game di handphonenya masin-masing.
Alhamdulillah selama ini pembelajaran online di SD Juara Tangerang, selalu memiliki pembelajaran yang menyenangkan, dan membuat siswa selalu semangat setiap harinya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Setiap hari selalu ada saja kreatifitasnya, entah itu dalam pembiasaannya ( solat, hafalan, dan melalukan kebaikan setiap harinya), dalam pembuatan karya siswa, baik dua atau tiga dimensi, dan satu lagi yaitu siswa diajarkan untuk belajar memasak makanan bersama orangtua. Dan masih banyak lagi kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan lainnya.
Nah pada hari ini kelas 2 Umar bin khattab melakukan kegiatan pembelajaran belajar memasak bersama orangtua. Menu yang dibuat adalah Lumpia tahu. Lumpia tahu ini mudah dibuat dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan.
Bahan-bahan
* Lumpia
* Tahu
* Daun bawang
* Telur
* Bumbu penyedap
* Bawang, cabai(bagi yang suka pedas)
* Minyak goreng
Cara pembuatan
* Hancurkan tahu sampai halus
* Kocok telur beri penyedap secukupnya sesuai selera
* Tuangkan telur pada tahu yang sudah halus, lalu aduk rata
* Iris daun bawang kecil-kecil
* Iris bawang merah
* Iris cabai
* Masukkan daun bawang yang telah diiris, bawang merah, serta cabai. Aduk sampai rata.
* Ambil lumpia, berilah tahu yang sudah diaduk rata secukupnya lalu bungkuslah dengan rapih
* Siapkan minyak goreng, panaskan dengan api yang sedang
* Gorenglah lumpia sampai kecoklatan.
Alhamdulillah siswa kelas 2 mampu membuat lumpia tahu dengan baik, hasilnya pun luar biasa. Setelah selesai siswa diminta mengelompokkan bahan-bahan yang merupakan benda cair dan benda padat.
Alifah salah satu siswa menjawab “bahan-bahan yang termasuk kedalam benda padat tahu, lumpia, daun bawang, bawang merah, dan cabai bu guru.” Lalu nayla juga menjawab “bahan-bahan yang termasuk kedalam benda cair yaitu telur dan minyak goreng bu guru”. Alhamdulillah mereka sudah tahu dan bisa mengelompokkan benda cair dan benda padat.
Lalu diakhir pembelajaran saya menanyakan “Bagaimana perasaan kamu belajar memasak bersama orangtua?” Semua siswa menjawab menyenangkan, seperti jawaban dari salah satu siswa Upi “menyenangkan bu, lain kali kita buat makanan yang lain yah bu, ternyata masak itu mudah dan menyenangkan bu aku bisa bu karena diajarin oleh bunda”. Pada pembelajaran kali ini dapat menumbuhkan sifat mandiri, berani, dan percaya diri. Lalu setelah itu mereka menikmati lumpia tahu yang enak yang mereka buat¬† bersama keluarga.
Diakhir pembelajaran tak lupa mereka mengucapkan kata “terimakasih bu guru atas pembelajaran hari ini dan terimakasih bunda telah mengajari aku hari ini, hari ini sungguh sangat menyenangkan.
Kontributor by Lidia Siska, S.Pd
#belajarmemasakmenyenangkan
#belajardirumahsemakinmenyenangkan
#sdjuaratangerang
#rumahzakat