Mencintai Lingkungan (recycle), Kegiatan Bahasa,  dan Belajar lewat Televisi.
Oleh : Dian Islamiati Harahap
Kemendikbud, Nadiem Makarim bekerjasama dengan  TVRI menyelenggarakan program pembelajaran di ruma bersama TVRI dari PAUD, SD,  SMP,  SMA,  dan Parenting untuk orang tua.  Marilah kita Bersama-sama belajar dari rumah – Nadiem Makarim.
Hari (13/04), Guru memberikan informasi mengenai pembelajaran di rumah lewat TVRI. Siswa kelas 4, Abu Bakar As-Siddiq, menonton televisi dan belajar bersama orang tua. Guru memotivasi siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran dengan memberikan pesan bahwa kuis sore nanti, soalnya diambil dari program pembelajaran di TVRI. Guru juga mengajak siswa untuk menjawab soal HOTS yang diberikan. Siswa mengerjakannya dengan berdiskusi bersama orang tua. Siswa menjawabnya dalan group kelas, Kemudian guru memberikan reward jika jawaban tersebut benar.  “Ms saya sudah tau hasil dari 5³ = 125, benar tidak ms?”. Tanya Luthfia. “Ms sungai kapuas terpanjang di Kalimantan Barat, saya dengar penjelasan dari Pak Ridwan ms..”. Ujar Baidowi.
Alhamdulillah,  program pembelajaran di TVRI menambah warna dalam proses pembelajaran di rumah.
Setelah siswa mengikuti pembelajaran di televisi, siswa melaksanakan pembelajaran selanjutnya yaitu membuat pot bunga dari kegiatan recycle / daur ulang, suatu bentuk kegiatan cinta lingkungan. “Ms,  aku buat pot nya dari kaleng bekas yaa”. Ujar Salwa.
Alhamdulillah hasil pot yang dibuat siswa kelas 4 sangat bagus bahkan ada yang mengantungkan hasil potnya di pohon dan menandakan hasil pot bunganya dengan namanya. Sangat kreatifnya, mereka. “Ms,  aku buat rekaman, aku nyanyi lagu “Alam Bebas”. Ungkap Luthfia sambil mengirimkan videonya.
Ia sangat kreatif, ia membuat rekamannya di kebun belakang rumahnya dan ia lakukan sambil menari. 😀
Kegiatan bahasa di pagi hari,  siswa menyebutkan benda-benda dikamarnya dengan menggunakan bahasa Inggris. Siswa membuat nya dengan video bekerjasama dengan orang tua.
Harapannya semoga dapat lebih menikmati proses pembelajaran yang ia lakukan di rumah bersama keluarga.
#belajarbersamaTVRI
#kegiatanbahasa
#kegiatancintalingkungan
#belajardirumahsemakinseru
@RumahZakat
@RumahZakat_Banten
@indinesiajuarafoundation