Aturan Baru: Pakaian Adat Dijadikan Salah Satu Seragam Sekolah SD Hingga SMA

October 18, 2022

Sobat Juara, baru-baru ini Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), Nadiem Makarim mengeluarkan peraturan terbaru mengenai seragam sekolah. Ke depannya, siswa SD, SMP, dan SMA dianjurkan untuk menggunakan pakaian adat sebagai salah satu seragam sekolah.

Kemendikbud Ristek mengeluarkan peraturan No. 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Dalam peraturan tersebut menyebutkan bahwa siswa jenjang SD, SMP, dan SMA akan menggunakan seragam nasional, seragam Pramuka, dan pakaian adat.

Pengaturan seragam sekolah terbaru ini bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkan nasionalisme, kebersamaan, serta memperkuat persaudaraan antara peserta didik (siswa).

Model dan Warna Seragam Sekolah Terbaru 2022

Jenjang SD/SDLB

Atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna merah hati.

Jenjang SMP/SMPLB

Atasan kemeja berwarna putih dan bawahan celana atau rok berwarna biru tua.

Jenjang SMA/SMALB/SMK/SMKLB

Atasan kemeja berwarna putih dan celana atau rok berwarna abu-abu.

Model dan Warna Seragam Pramuka

Model dan warna pakaian seragam Pramuka mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Seragam Khas Sekolah dan Pakaian Adat

Model dan warna seragam khas sekolah ditetapkan oleh sekolah masing-masing dengan memperhatikan hak peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Sedangkan untuk pakaian adat ditetapkan oleh Pemda setempat dan tetap memperhatikan hak siswa untuk menjalankan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Itulah beberapa peraturan terbaru mengenai seragam sekolah. Sejak dikeluarkan peraturan tersebut, tidak sedikit masyarakat yang pro dan kontra. Nah, menurut pendapat Sobat Juara gimana nih dengan peraturan yang dikeluarkan oleh Pak Menteri tersebut?

sumber foto: kalderanews.com

Bagikan :